Jumat, 05 Juni 2015

CB Hari Ke Dua

Nama :  Daniel Dotulong
Nim    : 1701297021
Kelas  : LN01
Dosen : Sukron Ma'mur
Code dosen : d3702


Hari ke dua : 


Sedikit mereview post saya yang sebelumnya. Saat itu hari Senin 25 Mei 2015, saya telah melakukan kunjungan yang pertama dengan mengajar anak PAUD. Kemudian di hari kedua ini pada hari Kamis 28 Mei 2015 kami melakukan kunjungan lagi yang ked
ua. Tentu masih bersama dengan kelompok CB kelas sebelah.


Oke. Di hari kedua ini sebenernya kami ingin mengajari anak2 di rumah tawon tentang pendidikan mengenai sampah organik dan sampah non organik. Berhubung seharusnya hari kamis itu anak2nya lagi nggak ada kegiatan belajar mengajar, maka kami membuat kegiatan tentang sampah organik dan non organik ini menjadi media pembelajaran yang aktif dengan sarana bermain sambil belajar.
DSC_0080
Kami membagi anak2 yang hadir menjadi beberapa kelompok untuk kemudian setiap masing2 kelompok kami tugaskan untuk mengumpulkan sampah organik dan sampah non organik selama 5 menit di sekitaran kompleks rumah tawon. Anak2nya pun antusias mencari. Mereka terlihat bekerja sama dan sportif. Kami menjadikan media ini seperti sebuah perlombaan untuk melihat seperti apakah reaksi dan peran anak2 tersebut terhadap kelompoknya.

Setelah waktu pencarian sampah selesai, kemudian kami mengumpulkan mereka kembali di masing2 kelompoknya dan kami mempresentasikan kepada mereka mengenai perbedaan dan pengertian tentang sampah organik dan sampah non organik. Hasilnya pun memuaskan. Mereka ternyata mengetahui dan dapat membedakan mana yang termasuk kedalam jenis sampah organik dan mana yang termasuk jenis sampah non organik.
DSC_0089 
Kemudian kami mengadakan lomba kedua yaitu memisahkan sampah yang termasuk organik dengan sampah yang non organik ke dalam tong sampah yang berbeda secepat2nya dari sampah yang telah dikumpulkan masing2 kelompok. Setelah selesai, kami semua istirahat dan menjalankan sholat ashar bersama. 

Setelah kami selesai beristirahat kemudian kami melanjutkan lomba ketiga yaitu panjang2an. Maksudnya adalah, kelompok yang dapat membuat barisan terpanjang adalah pemenangnya. Kami membagi mereka menjadi 4 kelompok lalu kami menjelaskan aturan permainannya. Setelah mereka memahami aturannya lalu kami memberi waktu sampai hitungan ke 10 untuk mencari benda yang dapat digunakan pada permainan dan kembali ke tempat semula. Kemudian lomba pun di mulai.
DSC_0186 DSC_0188 DSC_0147 
Setelah itu, ditentukanlah kelompok mana yang memiliki barisan terpanjang dan kami menentukan siapa pemenangnya. Yang kalah dalam permainan ini harus menari di depan teman2nya. Setelah hukuman di jalankan, kami membagikan snack dan minuman untuk mereka.Sembari membagikan snack, ada pula yang menolak pemberian kami dengan alasan mereka sedang berpuasa. Lalu kami membujuk mereka untuk menerimanya namun agar dapat dibuka saat maghrib nanti. Selesai membagikan snack, kami pun bercerita dan menanyai mereka tentang kesan2 mereka mengenai kehadiran kami di rumah tawon. Lalu kami pun bermaksud untuk pulang dan berpamitan dengan mereka.

Oke sekian dulu laporan hari kedua dari kunjungan saya ke rumah tawon kurang lebihnya mohon maaf. Anggota kelompok saya yang turut membantu kelancaran kegiatan ini adalah Daniel, Andika, Franklyn, Yosa, dan Vallent. Tidak lupa juga saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh teman saya dari kelas CB sebelah yang turut hadir pada hari itu


Terimakasih . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar